Minggu, 26 April 2015

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Eksternal SD Card

Problem penyimpanan aplikasi pada handphone Android sepertinya masih menjadi masalah bagi Sobat pengguna Smartphone Android. Aplikasi gratis serta berbayar di Google Applications Store memang nyatanya bikin hati kepincut mau download ini serta itu, tetapi ada daya saat memori internal handphone kita ternyata penuh dan sebentar-bentar keluar notifikasi dari sistem bahwa memori penuh, mau bagaimana lagi terpaksa urung download atau menghapus aplikasi lainnya yang sudah usang. Cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card.

Solusi lain mensiasati penuhnya memori internal merupakan dengan menambah kartu memori eksternal berupa Micro SD atau Sdcard, namun masalahnya bagaimana cara memindah dan mengarahkan supaya setiap aplikasi yang kita download dpt masuk langsung ke memori eksternal agar supaya memori internal dpt lebih longgar ruangnya. Memindahkan aplikasi Android ke SD Card.




Sebelumnya saya sudah pernah posting artikel serupa di blog saya yg lain berjudul cara mengarahkan aplikasi android langsung ke memori eksternal, namun cara tersebut waktu itu menggunakan handphone Smartfren Andromax dgn OS Android ICS. Pada artikel ini, di blog info19 ini prinsip artikel serta pokok bahasan sebenarnya serupa atau sama, hanya gw menggunakan handphone Android Acer Liquid Z4 dengan OS Android Jelly Bean. Berikut ini caranya, semoga dpt membantu Sobat info19 : Aplikasi Android ke SD Card.

Masuk pada menu Settings atau pengaturan, kemudian tekan/pilih Penyimpanan.

Pilih Kartu SD

Setelah menekan penyimpanan, maka Sobat akn membuka jendela penyimpanan dengan Disk Tulis Default.

Disk Tulis default silahkan Sobat aktifkan Kartu SD, bila sebelumnya Penyimpanan telepon.

Jika telah terlanjur tersimpan bagaimana memindahkan dari memori telepon ke memori kartu SD ?

Masuk di Pengaturan kemudian pilih Aplikasi atau Apl, pada menu Aplikasi >Terunduh silahkan Sobat pilih Aplikasi yang akan dipindahkan ke kartu SD.

Bila telah dipilih aplikasi yg akan dipindah, maka Sobat akn menemui jendela keterangan tentang Aplikasi serta silahkan Sobat pilih Pindah ke Kartu SD, tunggu sebentar sampai proses selesai.

Jika proses sudah selesai, maka aplikasi telah berada di Kartu SD sehingga memori internal lebih lega dan longgar.

Selain memindah aplikasi-aplikasi dari memori internal ke memori Kartu SD, cara lain utk menghemat memori internal bisa juga dengan mengatur default penyimpanan foto dari kamera. Karena secara default sebelum kami rubah, biasanya kamera handphone android kita mengarahkan penyimpanan ke memori internal.

Supaya foto dari kamera handphone langsung tersimpan di kartu SD

Cara supaya hasil foto kamera handphone langsung tersimpan di kartu SD Card bisa Sobat buka kamera terlebih dahulu setelah itu buka pengaturan kamera yg berlogo gigi, kemudian pada menu pengaturan silahkan Sobat rubah pada Sumber penyimpanan menjadi Kartu SD.

Demikian artikel abdi tentang cara memindahkan aplikasi android di kartu SD, semoga artikel saya bermanfaat bagi pembaca blog gw ini. Terima kasih..Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar